BELAJAR TAO

Spread the love

oleh Albert Tjhie

Jika kita Belajar Tao sebenarnya apakah yang kita pelajari?
Sebagian orang belajar Tao dari sisi ritual, aturan dan tradisi nya.
Padahal itu semua sebenarnya hanyalah ciptaan para Taoist yang hidup dimasa lalu.  Sebagian lainnya fokus mempelajari kitab-kitab Tao dan menjadikannya filosofi kehidupan.  Padahal kitab-kitab tersebut sebenarnya hanyalah Hasil Pemikiran para Taoist dimasa lalu.  Ada juga yang fokus mempelajari Tao dari sisi sejarahnya.  Padahal sejarah ini hanyalah pengetahuan saja.

Jika demikian, bagaimana seharusnya belajar Tao?

Kata TAO itu sendiri bisa diartikan Alam Semesta atau Hukum Alam (kealamiahan).  Jadi belajar Tao bisa diartikan mempelajari tentang Misteri Alam Semesta berikut Hukumnya.  Itu sebabnya sekarang kita mewarisi berbegai ilmu dan seni Tao, yang adalah hasil pembelajaran dan riset para pakar Tao dimasa lalu.

TAO juga bisa diartikan Kehidupan, Aturan atau Kebenaran.  Jadi Belajar Tao bisa diartikan belajar tentang Kehidupan, Aturan Kehidupan berikut Nilai-nilai Kebenaran didalamnya.  Belajar menjadi manusia yang pantas disebut manusia.  Bagaimana seharusnya manusia menjalani hidupnya?  Manusia adalah makhluk yang memiliki kecerdasan tinggi dan hati nurani.  Bagaimanakah sepantasnya manusia berperilaku?  Sebenarnya inilah yang menjadi fokus utama dalam belajar Tao.

Tao berazaskan alamiah, maksudnya adalah selaras dengan Kodrat Alam.
Bagaimanakah kodrat alamiahnya manusia?

Tao adalah sebuah cara pandang dan cara menjalani hidup.  Cara pandang yang positif terhadap kehidupan.  Menganggap bahwa kehidupan manusia adalah sesuatu yang bernilai dan sangat berharga.  Disinilah kita bisa membina dan melatih diri serta mempelajari banyak hal.  Maka dari itu kaum Tao tidak diperkenankan meninggalkan kehidupan.  Tetapi justru harus menerjuni kehidupan.  Menjalani dan menikmati kehidupan duniawi secara benar.  Menjalani hidup duniawi dengan ringan dan tanpa beban.  Mengikuti arus kehidupan tetapi tidak hanyut terbawa arus kehidupan. Disisi lain juga harus bisa mengembangkan nilai-nilai kemanusiaan.  Menyemarakan kehidupan dan meninggikan derajat kemanusiaannya.

Belajar Tao bukan sekedar mempelajari Kitab Tao yang merupakan Hasil Pemikiran kaum Tao. Melainkan melatih Cara Berpikir kita agar bisa mempunyai kemampuan cara berpikir seperti kaum Tao dimasa lalu.

Dalam Tao Tek Cing, kalimat pertama yang tertulis adalah:
Tao Khe Tao, Fei Chang TAO
Tao yang dijabarkan bukanlah TAO
Buku tentang Tao bukanlah TAO
Cerita tentang kehidupan Bukanlah Kehidupan.
Cerita tentang gula bukanlah gula.
Pengertian yang didapat dari membaca buku yang menjelaskan rasa manis gula amat sangat jauh berbeda dengan pengertian yang didapat dengan memakan gula secara nyata.
Inilah yang ingin Lao Tse peringatkan kepada kita.

Belajar Tao sebenarnya sederhana karena memang dimulai dari hal yang sederhana.  Benahilah kehidupan kita.  Belajarlah untuk tidak merugikan orang lain.  Belajarlah untuk tidak merusak diri.  Tatalah kehidupan dengan baik dengan diawali dari hal yang paling mendasar yaitu menjaga keharmonisan dalam keluarga.
Itulah Belajar Tao yang sesungguhnya.
Berupa tindakan nyata dalam kehidupan dan bukan terbuai teori filosofi yang memabukkan.
Hasil yang ingin dicapai adalah tumbuhnya kebijaksanaan diri.  Hingga suatu saat kita bisa mempunyai ‘Tao Tek Cing’ versi kita sendiri yang merupakan cerminan dari hasil pencapaian Siu Tao kita.

Selamat Menjalani Tao…
Peace…

Grup Pengenalan TAO tgl 12 juli 2014


Spread the love

Categories: Artikel

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.