Catatan seorang sahabat yang sangat meng-inspirasi hati..

Spread the love

Oleh Lie Ping Sen.

Perseteruan tiada henti ….
-Apalah arti keindahan kemenangan merangkai kata, dibanding sebuah penghayatan mendalam yang tersalurkan dalam praktek nyata yang sederhana saja?

– Apalah arti membuang waktu panjang berpikir menaklukan dunia, dibanding seutas senyum dan peluk hangat penuh kasih ajakan damai yang ikhlas dan tulus?

– Dimanakah pentingnya membaca dan mengerti sejuta teori, menjawab benar semua soal dan pertanyaan dibanding menyelesaikan 1 tugas yang meringankan dan membahagiakan hidup orang lain sedetik saja.

– Kekuasaan adalah salah satu berkah dan tanggung jawab, tetap perlu usaha dan ikhtiar namun bukan piala yang diperebutkan.

– Kemuliaan bukan masalah seberapa banyak/besar kemampuan manipulasi pikiran orang lain , namun suatu pancaran yang tak terhenti dan tak terbendung yang bersumber dari jiwa yang terdalam yang diterima dan memberi manfaat hidup positif pada orang lain diminta maupun tidak diminta.

– Cerdik cendikiawan arif bijaksana bukanlah masalah seberapa banyak bisa mencari dan menunjukan kesalahan orang lain, juga bukan seberapa banyak bisa membuktikan serta menunjukan kebenaran yang dimilikinya , namun lebih ke berapa dalamnya bisa mengertinya dan secara NYATA menjadi solusi yang paling sederhana untuk meringankan beban hidup orang lain tanpa menimbulkan beban lagi.
(Bukan memberikan hutang untuk melunasi hutang)

-Dunia sudah rumit dan akan terus bertambah rumit, kerumitan bersumber pada manusia bukan dari Tao-nya, sejatinya seorang Tao mulai bisa mendalami dan mengurai kerumitan diri untuk dikembangkan terus seumur hidup makin kedalam dirinya masing-masing, sikap KELUAR adalah memberikan ruang tanpa beban pada orang lain untuk lebih bebas mendalami dan mengurai kerumitan dirinya masing masing,
Bukan mengurai 1 simpul diri kemudian langsung mempraktekan untuk mengurai 1 simpul orang lain yang kenyataannya justru menimbulkan kekusutan baru. Inilah dunia nyata ….

-Aktif dan pasif adalah dinamika yang bergulir sejalan waktu sesuai kodrati , saling melengkapi saling berperan penting saling menyempurnakan adalah teori sederhana yang paling sulit di praktekkan.  Hanya kehangatan dan kasih yang disertai pengorbanan untuk mengalahlah yang membuat jarum detik tiada capek berputar 60x lebih banyak dibanding jarum menit yang melakukan hal sama terhadap jarum jam yang hanya dibalas 2x putaran penuh utk selalu menjalan roda waktu sepanjang masa , bukan karena berlomba namun karena hakikat murni nya yang sejati.


Spread the love

Categories: Intermezzo, LPS

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.