Fakta seputar DAO DE JING

* Tentang Nabi LAO ZI sebagai Penulis Kitab Suci “DAO DE JING”, dikatakan dalam buku yang berjudul “SHI JI.    LAO ZI LIEH JUAN”    :  LAO ZI yang menulis Kitab “DAO DE JING”, terdiri dari Dua Bagian Besar, Bagian atas Tentang TAO dan Bagian bawah Tentang DE, semuanya terdiri dari LIMA RIBU KATA.

* (SI MA QIAN) =  Seorang penulis Sejarah Kuno.   Jelas-jelas menuliskan, “Setelah bertahun-tahun meneliti tentang Buku “LAO ZI”, beliau yakin kalau Penulis Buku “LAO ZI” adalah Nabi LAO ZI.   Dan nama lain dari Buku ini adalah “DAO DE JING”.

Dibawah ini adalah kutipan dari pendapat Tokoh-tokoh dan Pemimpin Masyarakat, setelah mereka belajar/membaca Buku Nabi LAO ZI “DAO DE JING” :

* Reagan (Mantan Presiden Amerika) pernah menggunakan kalimat yang ada di Kitab “DAO DE JING”  : “Memerintah sebuah negara besar, sama halnya seperti menggoreng ikan segar yang kecil-kecil (ZHE DA GUOK RUO JIAN XIAO XIAN) dalam sebuah laporan kenegaraannya.    Hal ini menyebabkan sebuah Perusahaan Penerbit di AS sanggup/berani mengeluarkan uang sebesar USD.150,000.00  untuk menterjemahkan Kitab “DAO DE JING”  ke dalam Bahasa Inggris, sehingga sangat menghebohkan seluruh dunia ketika itu.   Dan akhirnya Reagan’lah yang mempelopori terjalinnya hubungan diplomatik antara TIONGKOK dan AS.

* Mao Zhe Tong (Pendiri Komunis RRC) dalam bukunya Jilid 1-4, berkali-kali meminjam pengertian dari kalimat-kalimat yang ada dalam Kitab “DAO DE JING”. Puncaknya pada tahun 1945, beliau meminjam kalimat yang ada di kitab “DAO DE JING” untuk menunjukkan pandangan politiknya yaitu : “Kami tidak akan menjadi pihak yang mendahului (BU GAN WEI THIAN XIA XIAN).    Dengan maksud : “Tidak akan mendahului melakukan penyerangan, tapi akan melakukan balasan yang mengalahkan” (WO MEN BU SHI XIAN FA ZHE REN, ER SHI HOU FA ZHE REN).    Semangat politik yang demikian itu, sangat menggentarkan lawan-lawan politiknya pada saat itu.

* KONG HU CU berkomentar, bahwa Nabi LAO ZI sangat tinggi ilmunya, bisa diibaratkan seperti “Naga yang sangat Gaib untuk dipahami secara tuntas“.
* LU XUN (Tokoh Budayawan Tiongkok) mengatakan bahwa : “Kalau belum membaca buku Nabi LAO ZI (Kitab “DAO DE JING”), pasti belum mengenal budaya Tionghoa yang sesungguhnya“.
* HU SHI (Tokoh Filsafat Kebudayaan Tionghoa) mengatakan Nabi LAO ZI adalah “Dewa-nya Ilmu Filsafat Budaya Tionghoa”, Nabi LAO ZI adalah seorang Ahli Filsafat Nomer Wahid sepanjang sejarah TIONGKOK sampai kapanpun !!!
* BURKEMINKZ (Peneliti Sosial dari AS) meyakini bahwa : “Kitab DAO DE JING akan menjadi kitab yang dibaca oleh seluruh Umat Manusia di dunia ini dan itu akan mendorong dunia ini menjadi semakin damai dan harmonis”.

Itulah beberapa contoh pendapat yang secara otomatis muncul dari orang-orang yang sempat membaca dan mempelajari Kitab Suci “DAO DE JING”.    Ternyata semuanya akan memperoleh manfaat yang mendalam, dari nasehat-nasihat yang terkandung dalam Kitab Suci “DAO DE JING”.

Selanjutnya, Majalah “TIMES” menempatkan Nabi LAO ZI sebagai Pengarang Nomer Wahid (Penulis Yang Paling TOP !!!) dari 10 nominasi “Pengarang TOP Dunia” yang dipilih dari “Sejarah Para Penulis Zaman Kuno sampai Zaman Modern” sekarang ini.

Kitab Suci “DAO DE JING” sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa :
– Kedalam Bahasa JERMAN (dengan 64 versi).
– Kedalam Bahasa Inggris (dengan 83 versi).
– Kedalam Bahasa Perancis (dengan 33 versi).
– Kedalam Bahasa Belanda (dengan 19 versi).
– Kedalam Bahasa Itali (dengan 11 versi).
– Kedalam Bahasa Jepang (dengan 10 versi).
– Kedalam Bahasa Spanyol (dengan 10 versi).
– Kedalam Bahasa Denmark (dengan 6 versi ).
– Kedalam Bahasa  Rusia ; Swedia ; Hongaria ; Polandia (masing-masing dengan 4 versi).
– Kedalam Bahasa Finlandia ; Cekoslowakia (masing-masing dengan 3 versi).

* Ada yang berpendapat bahwa Kitab Suci “DAO DE JING” merupakan buku yang paling banyak dicetak ulang di dunia sekarang ini !!! Yang disebutkan diatas, belum termasuk terjemahan ke dalam Bahasa Indonesia, pastinya sudah ada beberapa versi.

* Kitab Suci “DAO DE JING” sekarang sudah mulai dipelajari di banyak Universitas di negara maju, termasuk Amerika dan telah dijadikan sebagai buku bacaan wajib bagi Para Diplomat di Negara-negara maju.   Pemerintah TIONGKOK sendiri juga sangat menghargai Kitab Suci “DAO DE JING”, katanya Departemen Luar Negerinya sering menggunakan Kitab Suci “DAO DE JING” sebagai hadiah dalam pergaulan diplomatik dengan negara lain.

Kitab Suci “DAO DE JING”, tidak hanya dipelajari oleh orang-orang yang ingin mendalami Ajaran Agama TAO, bahkan Para Diplomat di Negara-negara maju, sekarangpun ingin mempelajarinya. Itu semua membuktikan bahwa Kitab Suci “DAO DE JING” merupakan sebuah “Maha Karya” yang sangat tinggi dan tidak terbatas oleh waktu !!!

Sugiarto Dafico
Sugiarto Dafico

Latest posts by Sugiarto Dafico (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *