HIDUPNYA KAUM SIUTAO

Spread the love

Masih banyak opini publik khususnya menyangkut kehidupan kaum siutao yang terlalu jauh, menganggap sangat spisial dan berbeda dari kaum kebanyakan.

Kehidupan umat yang telah memutuskan untuk menjalani siutao tidaklah jauh berbeda dari orang kebanyakan.
Ada anggapan kalau orang yang sudah memutuskan untuk menjalani siutao dalam hidupnya harus Ciak Cai/vegetarian.tidak boleh berkeluarga dan kesannya menutup diri dari dunia luar.
Itu semua anggapan yang sungguh keliru.

Orang yang menjalani kehidupan siutao tidaklah berbeda dengan orang kebanyakan lainnya.mereka boleh bekerja dan hidup membina rumah tangga seperti kebanyakan yang lainnya.

Memang ada aliran Tao di china yang tidak memperbolehkan umatnya untuk membina rumah tangga, hidup di biara/taokwan dan memperdalam ilmunya.
Namun dengan seiring perkembangan jaman sudah tidaklah sesuai lagi dengan tuntutan jaman;namun ini merupakan pandangan pribadi penulis,semua itu kembali lagi ke pandangan masing-masing individu.
Banyak keluarga yang keberatan bila anaknya hidup mengucilkan diri hidup di biara, secara otomatis dia akan meninggalkan kehidupan pribadi dan tidaklah bisa memberikan garis keturunan lagi.
Maka saat ini sudah semakin sedikit kita jumpai taose taose yang hidup di biara.

Umat Tao sudah seharusnya hidup dengan normal dan apa adanya.
Yang menjadi pedagang,…ya berdaganglah dengan giat. Yang menjadi petani,….becocok tanamlah dengan penuh semangat.
Yang menjadi para medis,dokter dan perawat, baktikanlah dirimu buat menolong sesama.
Demikian pula semua sektor usaha lainnya.

Umat Tao juga harus mementingkan urusan keluarga dan rumah tangga.menjadi ayah dan ibu yang baik, yang bisa mengayomi anak cucunya dengan penuh kehangatan dan kasih sayang.
Namun dibalik segala bentuk aktifitasnya umat Tao harus selalu berpatokan kepada ajaran Tao yang begitu luhur.senantiasa melakukan laku penggemblengan batin yang tiada hentinya.
Rajin berlatih dan bila ada kesempatan untuk berbuat amal kebajikan /KUNGTEK, akan senantiasa dilakoninya.

Nah ini lah yang baru bisa dikatakan umat Tao IKUT MENYEMARAKKAN KEDUNIAWIAN.
Bukannya setelah mengenal ajaran Tao,lalu hidup mengasingkan diri,meninggalkan keluarga serta tanggung jawabnya dengan dalih akan mendalami dan mengamalkan ajaran Tao.jelas ini merupakan suatu kekeliruan yang besar dan bukanlah menjadi pengharapan Tao buat umatnya.
Semoga bisa bermanfaat.
Tulisan lepas oleh :Mr.LIEM agustus 2014
(liem8999@yahoo.com)


Spread the love

Categories: Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.