MELAWAN TAKDIR

Spread the love

Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan bisa mengikuti ceramah (Thing Tao) di Taokwan Magelang.  Kebetulan yang menjadi pembicara adalah sesiung Cheng Cen Jian dari Mojokerto.

Ada satu hal yang menggugah dan menjadi satu inspirasi kuat buat saya, beliau mengatakan ” Di usia saya yang sudah 68 th saya masih merasa sebagai orang muda,dan belum bisa dikatakan Tua. Nanti kalau saya menginjak usia 99 tahun atau lebih bolehlah dianggap saya menginjak hari Tua”

Kata kata tadi sangat menggugah dan menggelitik di benak saya.

bagaimana tidak ?…..

Usia rata rata orang indonesia adalah 60 s/d 70 tahun untuk saat ini. Sangatlah jarang kita menjumpai usia yang mencapai 90 tahun atau lebih. Kalau kita tengok sejarah masa lalu,banyak orang yang mampu bertahan hidup bahkan lebih dari 100 tahun.  Seperti kita bisa lihat rata-rata usia orang di jepang adalah 86 tahun, sudah dianggap sangat istimewa.   Lalu kenapa kita tidak mencoba melawan takdir kita?  Yang tadi disebutkan rata rata usia kita 60 s/d 70 tahun?? Bukankah umat Tao punya warisan pusaka dari leluhur kita dalam mencari cara untuk hidup sehat dan panjang umur?

Berlatih Tao Ying Suk adalah salah satu cara ampuh untuk melawan takdir kita. Disamping pola hidup sehat menjadi acuan utama berlatih Tao Ying Suk secara kasat mata dianggap seperti olah raga yang dapat memperlancar jalannya darah dalam tubuh.  Mungkin ini bisa dikatakan usaha kita untuk melawan takdir umur kita.  Banyak kalangan dunia barat saat ini mulai menekuni dan mempelajari Tao secara umum, maupun cabang ilmu di dalamnya.  Seperti olah raga Thay Cik Jien saat ini mulai dilirik untuk ditekuni, mereka tidak segan datang ke gunung Wudang China, seperti yang saya lihat beberapa waktu yang lalu.

Belajar Tao Ying Suk idealnya juga diawali sedini dan semuda mungkin,ibarat gelas yang akan diisi adalah gelas yang kosong dan bersih.  Memang tidaklah mudah namun hal ini harus dijalani sendiri dan tidak dapat diwakilkan.  Melawan takdir umur kita, tak kan bisa diwakilkan orang.  Apalagi masih terus disangsikan kebenarannya dengan banyak teori dan dalil dalil lainnya.

Semoga bisa menjadi inspirasi buat kita bersama.

Tulisan bebas oleh Mr.LIEM {liem8999@yahoo.com }


Spread the love

Categories: Artikel

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.