Melepaskan Sesuatu Yang Baik Untuk Mendapat Yang Lebih Baik

Spread the love

Monumen Kumbang di Alabama – Sebuah pelajaran melepaskan sesuatu yang baik untuk mendapat yang lebih baik

By Felicia W. Kastary

Anthonomus grandis, atau kumbang tanaman kapas adalah serangga yang berasal dari Meksiko dan hidup hanya memakan tanaman kapas.

Kumbang dewasa memakan daun kapas dan kemudian meletakkan telur mereka pada putik bunga. Ketika bunga kapas mulai berkembang, telur kumbang menetas dan mengunyah segala sesuatu di dalamnya, Pada saatnya bunga terbuka, serat kapas di dalamnya sebagian besar hilang dimakan anak kumbang. Dalam satu musim, satu pasangan kumbang saja bisa menghasilkan 2 juta keturunan.

Pada tahun 1920, kerumunan kumbang menyelimuti daerah Selatan penghasil kapas dan menghancurkan panen kapas.

Para petani kapas tidak mau meninggalkan kapas karena harganya yang tinggi apalagi terdorong kelangkaan akibat kumbang. Jadi mereka hanya menanam lebih banyak kapas dan menghabiskan lebih banyak waktu dan usaha mencoba mengusir kumbang tersebut.

Para petani mencoba segalanya untuk menyingkirkan kumbang: mereka menanam varietas kapas yang berumur lebih pendek dengan harapan mereka dapat meningkatkan panen kapas sebelum kumbang mendatangi mereka. Mereka juga bereksperimen dengan semprotan dan serbuk arsenik, serta membakar batang kapas setelah panen.

Theodore Roosevelt menyarankan untuk mengimpor semut pemangsa dari Guatemala untuk memakan kumbang. Pada satu titik, bahkan sepertiga dari semua pestisida yang digunakan di AS digunakan untuk membunuh kumbang jenis ini.

Cerita yang berbeda terjadi di Alabama

Pada tahun 1909, kerumunan kumbang jenis Anthonomus grandis ini mencapai negara bagian Alabama. Sama seperti halnya di banyak tempat lain di AS saat itu, kapas adalah sumber utama penghasilan para petani disana. Dengan banyaknya kumbang, petani mendapatkan hasil panen yang makin lama makin sedikit.

Pada tahun 1915 sebuah perusahaan kapas Gin Ginned hanya bisa menghasilkan 5.000 bal kapas, dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 15.000 bal kapas.

H.M. Session adalah seorang penjual benih di negara bagian Alabama dan ia melihat masa depan pertanian kapas akan hancur akibat kumbang ini dan ia merasa perlu bertindak, sebelum semuanya terlambat.

Ia berpikir petani bisa saja beralih ke tanaman lain yang tidak dirusak kumbang, tetapi masalahnya petani enggan karena kapas menghasilkan keuntungan tertinggi. Selain itu tidak banyak yang bisa tumbuh di lahan tanah berpasir yang ada di Alabama.

Ia mencari akal dengan melakukan riset, ia menemukan salah satu dari sedikit tanaman yang dapat mentolerir kondisi tanah di Alabama adalah tanaman kacang. Setelah itu, ia melakukan studi banding dengan mengunjungi daerah pertanian kacang di Carolina utara dan Virginia. Kemudian ia menawarkan benih kacang ini pada petani setempat.

Pada tahun 1916, seorang petani bernama Baston memutuskan menanam seluruh tanahnya dengan kacang. Di tahun itu, ia mendapatkan $ 8.000 dari hasil panen kacangnya. Ia memiliki banyak keuntungan yang bahkan setelah melunasi utang tahun sebelumnya ia masih punya uang yang banyak.

Keberhasilan Baston menyebar dengan cepat. Bahkan para petani yang sempat mencemooh gagasan menanam apa pun selain kapas juga ikut-ikutan menanam kacang.

Pada tahun 1917, para petani daerah itu menghasilkan lebih dari 1 juta bushel kacang yang dijual seharga lebih dari 5 juta dollar

Pada tahun 1919, tepat ketika bencana kumbang mencapai puncaknya di tempat lain. Kota Coffee County, di negara bagian Alabama adalah penghasil kacang tanah terbesar di AS. Tak lama kemudian kota tersebut menjadi yang pertama di wilayah itu untuk memproduksi minyak dari kacang.

Bradley, seorang pekerja ladang kapas waktu muda dulu, masih mengingat pernah melihat kumbang dan menyaksikan malapetaka yang mereka buat pada ladang garapannya. Tetapi pada saat itu, perusahaanya telah melakukan diversifikasi tanaman selain kacang dan kapas, ada juga kentang, tebu, sorgum dan tembakau.

Berkat kumbang lah kota Coffee County Alabama memiliki jenis tanaman yang sangat terdiversifikasi dan menghasilkan banyak sekali keuntungan, itulah sebabnya mengapa para pengusaha mendirikan patung kumbang, untuk menghormati serangga perusak lahannya sehingga mereka beralih pada tanaman lain.

KENYATAAN HIDUP

Dalam hidup, kadang kita mengalami hal-hal yang tidak kita ingin terjadi. Namun kalau melihat dari pengalaman para petani kapas di daerah Alabama, bisa saja suatu hal terjadi dalam hidup supaya hidup yang lebih baik terjadi, namun kita harus bersedia let go yang lama.

Misalnya saja dari pengalaman saya ada seorang pegawai yang tidak perform dalam beberapa hal tertentu setelah diperingatkan berkali-kali.

Mau let go sayang karena dalam beberapa hal lain dia masih bagus dan kalau misalnya dia diberhentikan akan menghambat kinerja karena banyak hal harus ditangani sendiri lagi dan juga membayangkan kerepotan mencari pegawai baru, menghantui. Apalagi setelah pencarian berminggu-minggu untuk mencari orang yang tepat belum membuahkan hasil.

Namun akhirnya kami mendapatkan juga orang yang lebih baik kinerjanya daripada orang yang sebelumnya.

Pengalaman lain saya ikut sebagai pengurus sebuah komunitas, yang saya anggap orang-orangnya cukup baik dan bagi saya komunitas ini cukup bermanfaat bagi banyak orang. Saya menganggap mereka semua adalah teman-teman baik saya.

Namun setelah beberapa tahun, terjadi salah paham. Yang mengakibatkan banyak para pengurus komunitas stand against me bahkan orang-orang yang dulu saya ajak gabung, kok bisa mereka “sejahat” itu omongannya.

Sempat sedih kenapa yang saya anggap mereka teman-teman baik dan sevisi bisa begitu. Tapi dalam perjalanan waktu, saya bisa let go mereka, ga peduli apa yang mereka pikirkan dan not bad juga saya bisa punya teman-teman yang lebih baik lagi..

So jika terjadi hal-hal yang tidak enak dalam hidup, ingatlah monumen Kumbang di Alabama. Ini hanyalah sebuah cara alam untuk mendorong kita untuk let go sesuatu yang baik untuk mendapatkan hal yang lebih baik lagi jika kita terus berusaha.

Copas dari: Tajba Bali Vegan Milk


Spread the love

Categories: Cerita Inspiratif

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.