Mengungkap San Qing

Spread the love

“Tanya mengenai San Qing“
Diambil dari arsip diskusi di http://siutao.com
Diskusi antara Sedap. SHAN MAO dan Nan_S, pada Januari 2008.
Tanya dong mengenai “San Qing” ???

Wah… ini pertanyaan yang sangat menarik sekali…, tapi bisa-bisa memicu perdebatan jika kita tidak hati2 dalam jawabnya !!! Namun… demi kemajuan bersama, kita tetap coba memberikan tanggapan yah… Walaupun mungkin ada pihak-pihak yang tidak senang nantinya !!!
Agama TAO memiliki banyak Aliran dan masing-masing aliran tentunya mempunyai ciri-ciri tersendiri. Namun Kitab Suci Utama yang sama-sama diakui adalah “TAO TEK CING”. Maka dari itu… bagi kami Aliran DAI SHANG MEN, “Dewa yang tertinggi = Tuhan adalah TAO“. Sehingga dalam personifikasinya, “TAO itu sama dengan MAHA DEWA DAI SANG LAO JUN” !!!
Nah… istilah “SAN QING” ini berasal dari Aliran Quan Zhen dan menurut Aliran Quan Zhen… Dewa Tertinggi itu ada 3 (Shan), yang terdiri dari “YUAN SHI THIAN JUN” ; “TAO TEK THIAN JUN” ; “LING BAO THIAN JUN”. Sementara dari hasil penelitian sejarah Agama2 di Tiongkok, istilah ini justru muncul setelah masuknya Agama Buddha ke Tiongkok.
WANG ZHONG YANG sebagai Pendiri Aliran Quan Zhen, merupakan Tokoh Agama TAO yang ketika itu sangat getol sekali menganjurkan TAO FU HE YI. Oleh sebab itu… disinyalir bahwa istilah “SAN QING”, merupakan pengaruh dari Ajaran Agama Buddha terhadap Aliran QUAN ZHEN TAO JIAO !!!
Namun terakhir… ketika saya datang ke salah satu kelenteng Aliran Quan Zhen, mereka juga bilang… kalau “SAN QING” sebetulnya yah… cuma satu yaitu MAHA DEWA DAI SANG LAO JUN !!! Dengan alasan YI QI HUA SAN QING-nya itu !!!
Jadinya… sekarang ini istilah “SAN QING” sudah tidak pernah diperdebatkan lagi diantara aliran-aliran yang ada dalam Agama TAO, karena… semuanya itu sudah jelas kedudukannya, anggap saja itu cuma semacam “bumbu penyedap” lain dari salah satu Aliran Agama TAO !!!
Cerita tentang “SAN QING” ini… memang sering menjadi polemik yah…, saya sempat menanyakan kepada Aliran tersebut, tapi akhirnya… mereka bilang kalau itu cuma sekedar bentuk filosofis saja !!! Untungnya… kita-kita ini sebagai Umat Agama TAO, walaupun terdiri dari banyak aliran biasanya kita memang juga saling berkunjung dan saling bertukar pikiran, dengan beradu argumentasi secara logis !!!
Makanya yah… nggak ada istilah yang mayoritas menindas minoritas, apalagi pakai tawuran atau tindakan anarkis lainnya, cuma gara-gara beda istilah atau beda cara ritual sembahyangnya !!! Ha… ha… ha…
Itulah keunggulan proses belajar AGAMA TAO, yang selalu mengedepankan dan menekankan pentingnya “WU”, bagi setiap Umatnya !!!

sumber : https://xuezhengdao.wordpress.com/


Spread the love

Categories: Artikel, Dewa-Dewi TAO

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.