MITOS DEWA DAPUR [Cao Kung Kong]

Spread the love


Pengantar

Dalam kebudayaan tradisional Tionghoa, bagi sebagian kalangan masyarakat keturunan yang masih percaya mengganggap bahwa setiap pada tanggal 26 bulan 12 tahun penanggalan Imlek adalah “Hari Dewa Dapur” atau lebih dikenal dengan sebutan Cao Kung Kong/Zhao Shen. Siapa sebenarnya Dewa Dapur (Cao Kung Kong) itu? Dikisahkan dalam legenda, Dewa Dapur dikirim dari Surga ke Bumi oleh Kaisar Langit. Dewa Dapur bertugas untuk memantau perilaku dan mencatat perbuatan manusia sehari-hari, baik perbuatan yang baik maupun perbuatan yang buruk.

Setiap tahun, sang Dewa Dapur akan naik ke kahyangan dan melapor kepada Kaisar Langit tentang semua kebaikan dan keburukan yang diperbuat oleh manusia, terlebih untuk keluarga yang diawasi nya sepanjang tahun tersebut. Oleh karena itu setiap rumah tangga yang ada tempat sembahyang kepada Dewa Dapur akan membuat upacara persembahan kepada sang Dewa Dapur pada tanggal tersebut dengan tujuan untuk mengantar Dewa Dapur naik ke Langit. Sembahyang kepada Dewa Dapur ini juga sebagai tanda bermulanya sambutan perayaan Tahun Baru Imlek.

Pencerahan oleh Lie Ing Sen.

Jaman gini dikota besar  masih ada tuh yang pai 灶 神。

Tuan rumahnya tanya Zao Shen nya harus di pai-pai tiap hari gak? …… Saya tanya lah selama ini gimana tuh? Di pai gak tiap hari? …… Dia bilang pai tiap hari ( Tapi wajahnya menunjukkan rasa jenuh dan takut gitu!) …..

Akhirnya saya bilang lebih baik disimpan ajalah, nanti pas tgl 26 bln 12 Imlek  baru dikeluarkan untuk pai-pai ( kalau masih percaya loh!)

bantah ….. Apa gak nanti malah mempengaruhi rejeki penghuni rumah?

Soalnya sudah pai-pai 30 tahunan !

Terpaksa saya bilang bagus sih sudah pai 30 th, tapi kenapa masih begini-begini  aja serba kekurangan ? Coba disimpan dulu atau titipkan ke taokuan aja kalau takut ,nanti dilihat lagi rejeki kamu setelah 1 th.

Nah gimana? …… masih adakah diantara taoyu yang pai Zao Shen ( Dewa Dapur)?

Kalau masih, apa alasannya? ☺

Kalau kita tahu asal usulnya Dewa Dapur, maka akan mudah memberi nasehatnya.

Menurut catatan sejarahnya Dewa Dapur itu berasal dari zaman dynasti Qing.

Saat itu Raja melihat ternyata dapur merupakan tempat ngerumpi ibu-ibu dan dari sana berkembang gossip; fitnah ; hoax yang kemudian menyebar mempengaruhi ketentraman masyarakat lingkungannya.

mungkin mirip medsos sekarang inilah! ……. wkwkwkkkkk

Raja menitahkan bahwa setiap rumah didapurnya harus pasang Dewa Dapur. (jaman dulu Raja ber”Hak” memberikan gelar)

Diedarkan berita bahwa Dewa Dapur akan mengawasi serta mencatat semua omongan serta kegiatan didapur setiap harinya, lalu pada tgl 26 bulan 12 Imlek, Dewa Dapur akan naik ke langit menemui Yi Huang Ta Ti , untuk melaporkan semua catatannya mengenai keluarga yang dia awasi. …..

ibu ibu segan sama dewa nya tidak bikin gosip dan rajin saji makanan buat keluarga

Yi Huang Ta Ti baru memberikan hukuman atau hadiah berdasarkan laporan Dewa Dapur itu.  Siapa yang suka gossip dan fitnah akan dihukum berat, yang ngomong dan berbuat baik akan diberi rejeki. …….

Jadi setelah kita tahu maksud dan tujuan dari adanya Dewa Dapur diatas, maka kita tidak perlu lagi meneruskan hal yang kurang benar.


Spread the love

Categories: Mitos

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.