Moral dan mental harus selalu di Revisi

Spread the love

人生,因静而从容,因从容而优雅。淡然于心,自在于世间。云淡得悠闲,水淡育万物。世间之事,纷纷扰扰,对错得失,难求完美。若一心想要事事求顺意,反而深陷于计较的泥潭,不能自拔。若凡事但求无愧于心,得失荣辱不介怀,自然落得清闲自在。人活一世,心态比什么都重要。
认识自己幸福将不期而至。有时候人的眼睛,看世间、看万物、看他人,就是看不到自己;能看到别人过失,却看不到自己的缺点;能看到别人的愚昧,却看不到自己的无知;能看到别人的目光短浅,却看不到自己的狭隘。人生就是要多些反思,多些扪心自问,才能认识自己,幸福才会不期而至。
向前走,潇洒心情,收获淡定。人生并不在于获取,放下一种执著,收获一种自在。
人,活着就是一种修行,修行就是修心。修得一颗平常心,无时不是快乐;修得一颗满足心,无处不是幸福。
活着,总有看不惯的人,就如别人看不惯我们。人的成熟不是年龄,而是懂得了放弃,学会了圆融,知道了不争。有些苦衷不言痛,不是没感觉,而是知道说与不说都一样;那些暗伤,不是不在乎,而是懂得了慢慢修复。
宽容接受一切内心才能平和。不要企图纠正身边所有人的缺点和错误,使所有事都如自己意愿,就如我们不能移除全世界的石头和荆棘,使前进的道路平坦笔直。
这是生活的智慧。
生活只需要拥有一份恬淡平和的心情,一颗自由的心,一份简单细致的人生态度。

Manusia ini, dalam hidupnya yang paling penting adalah sikap mental dan tatanan moralnya.
Dalam kehidupan manusia, karena tenang jadi bisa luwes, karena lewes jadi bisa menawan. Masalah didunia ini, keributan, benar salah untung-rugi, semuanya tidak bisa sempurna. Kalau selalu ingin sesuai kehendak kita, biasanya malah terjerumus ke jurang nestapa yang gara-gara terlalu penuh perhitungan. Sebaliknya kalau selalu menitik beratkan hanya supaya selalu sesuai dengan kemuliaan hati nurani, segala untung-rugi dan puja-hina tidak perlu dihiraukan, otomatis hidup ini terasa santai dan penuh leluasa.
Kalau bisa mengenal diri sendiri, maka kebahagiaan akan segera menghampiri. Sering kali, mata manusia hanya bisa melihat dunia luar, melihat ribuan benda dan mahluk hidup, melihat orang lain, namun sama sekali tidak bisa melihat dirinya sendiri. Bisa melihat kesalahan orang lain, tapi tidak bisa melihat keburukan diri sendiri, bisa melihat kebodohan orang lain, namun tidak bisa melihat kedunguan diri sendiri, bisa melihat pendeknya pandangan orang lain, tapi tidak bisa menyadari betapa kurang lapangnya dadanya sendiri. Karena itu, hidup ini harus banyak-banyak mawas diri, perbanyaklah JING ZUO untuk bertanya dan mencari tentang dirimu sendiri, supaya bisa cepat mengenal “AKU” dirinya sendiri, sehingga mempercepat datangnya kebahagiaan.
Maju terus, lepaskan semua beban batin yang diakibatkan nafsu keduniawian, untuk mendapatkan karakter ketenangan jiwa yang baik. Hidup ini tidak perlu keras kepala, bebaskan diri dari kondisi “MATI DISATU TITIK”, supaya bisa merdeka dan memperoleh keleluasaan yang damai dan harmonis.
Jadi sesungguhnya hidup itu adalah “XIU XING” (SELALU MEREVISI DIRI SESUAI AJARAN AGAMA TAO), XIU XING berati XIU XIN ( MEREVISI HATI).
Kalau bisa merevisi diri sampai berhasil mencapai karakter MORAL yang sanggup hidup secara sederhana, maka kemana pun akan selalu senang hati. Kalau sanggup merevisi diri sampai mendapatkan MORAL yang selalu bisa bersyukur, maka dimanapun berada, akan selalu merasa bahagia.
Sudah wajar dalam hidup ini, kita sering berjumpa orang yang menjengkelkan kita, begitu juga pasti ada orang yang menganggap kita sebagai manusia yang menjengkelkan.
Karena itu kematangan jiwa seseorang tidak tergantung dari umurnya, namun lebih tergantung kepada kesanggupan untuk melepaskan sesuatu; tergantung bagaimana kesadaran dia untuk tidak berebut ; tergantung kesadaran untuk menyadari kesalahan diri; terantung kesadaran untuk memperbaiki diri. Mendapat kesulitan tidak mengeluh, bukannya tidak punya perasaan, tapi karena tahu bahwa mengeluh atau tidak mengeluh hasilnya akan sama saja; semua luka, bukannya tidak memperhatikan, namun sudah mengerti bagaimana caranya untuk menyembuhkannya secara pelan-pelan.
Bisa menerima dengan lapang dada, batin ini baru bisa tenang dan damai.
Tidak perlu berusaha meluruskan kesalahan dan kekurangan orang-orang yang ada disekitar kita, seperti halnya kita tidak mungkin bisa membuang segala onak duri dan kerikil diseluruh muka bumi, dengan maksud membuat sebuah jalan yang lurus bebas hambatan.
Inilah KEARIFAN hidup didunia ini.
Jadi hidup ini hanya membutuhkan sikap moral yang sederhana dan damai; membutuhkan kebebasan hati nurani yang mulia dan kecermatan yang selalu waspada supaya tidak menyimpang dari ajaran Agama TAO. …….

Diterjemahkan dan diulas oleh. Sc. Cing Sing.


Spread the love

Categories: Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.