Qi Gong / Chi Kung

Spread the love

oleh Albert Tjhie

Bisa diterjemahkan sebagai ilmu Pernapasan atau Tenaga Dalam.
Secara garis besar Chi Kung bisa dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

1. Chi Kung untuk Kesehatan.
Jenis ini energinya paling ‘lembut’ dan ‘encer’ biasanya berupa hawa sehingga mudah disalurkan kamana-mana. Konsep dasarnya adalah memperlancar aliran energi meridian tubuh dan mengembangkan cakra. Cara berlatihnya antara lain meditasi Yang Chi, meditasi microcosmos, menyerap dan mengolah prana dll.
Berkembangnya cakra akan memancarkan energi dan memperkuat energi yang membungkus tubuh yang disebut aura atau Wai Chi atau Chi luar. Jika ‘dipadatkan’ bisa berfungsi juga membentuk semacam medan energi yang melindungi diri.
Semua ilmu pernapasan untuk kesehatan dan pengobatan bisa dikategorikan dalam jenis ini. Ilmu jenis inilah yang paling banyak dipelajari.
Kadang mereka salah persepsi dan merasa sudah mendalami spiritual padahal sebenarnya jenis ini masih tergolong ilmu Olah Energi Fisik. Itu sebabnya energi yang dihasilkan efektif dipakai untuk pengobatan fisik karena memang masih berada di level dimensi yang sama.

2. Chi Kung untuk Kungfu.
Jenis ini terbagi menjadi dua yaitu Tenaga Luar / Wai Gong / Gwa Kang. Melatih ilmu pernapasan untuk mengolah kekuatan tulang dan otot. Ilmu Kungfu aliran Selatan biasanya melatih jenis ini.
Yang kedua adalah Tenaga Dalam / Nei Gong / Lwe Kang. Menghimpun energi, mengolah dan menyalurkannya. Kungfu aliran Utara biasanya melatih kekuatan ini. Kungfu Tai Ji dan Ba Gua juga termasuk jenis ini dan biasa disebut beladiri internal.

3. Chi Kung untuk Spiritual.
Jenis ini agak mirip Nei Gong dalam pengolahan Tan Tian nya tetapi kemudian ‘diperhalus‘ lagi. Biasanya disebut Nei Dan / Internal alchemy. Umumnya memakai teori kultivasi Jing Qi Shen / Cing Chi Shen. Kalau sudah menyentuh Shen, barulah bisa dianggap ‘Permulaan’ olah spiritual yang sesungguhnya.

Beda Qi Gong dan Shen Gong.
Qi Gong adalah ilmu olah energi yang bermain di dimensi fisik. Sedangkan Shen Gong / Sin Kang adalah ilmu olah energi yang merupakan ‘jembatan’ antara dimensi fisik dan sukma. Dengan Shen Kung kita bisa ‘menyerap’ energi Wu Ji untuk berlatih Xian Tian Qi Gong dan bermain di dimensi fisik.
Meskipun energy Shen Gong sudah lebih halus dibanding Qi Gong, tetap saja Shen Gong masih belum bisa dianggap sebagai olah spiritual. Hanya saja energi Shen Gong ini bisa memurnikan energi tubuh halus kita. Dan ini akan melindungi dan membantu kita ketika bermeditasi untuk Mengolah Kesadaran.
Nah Pengolahan Kesadaran lewat meditasi inilah yang baru bisa dianggap sebagai Olah Spiritual.

Itu sebabnya Ilmu Pernapasan (secara umum) masih belum bisa disebut olah spiritual. Terkecuali bisa ‘menghaluskannya’ hingga tahap ‘Shen’
Ilmu Meditasi yg mengolah pikiran, batin atau kesadaran barulah bisa disebut olah spiritual.


Spread the love

Categories: Artikel

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.