Selayang Pandang Sejarah Tao.

Spread the love

Oleh : Lie Tung Sen.

Dari legenda dan catatan-catatan sejarah serta peninggalan-peninggalan yang ada, kaisar-kaisar kuno seperti Fu Xi (伏羲) (kurang lebih 8000 tahun yang lalu) penemu Bagua TaiChi, ; Shennong (神农) ( 6000 – 5000 BCE ) Dewa Pertanian; dan juga Huang Di (2697- 2598 BCE ) Kaisar Kuning , yang mengembangkan kebudayaan Tiongkok adalah merupakan cikal bakal / pengajar dasar- dasar bersembahyang dan pemula pencipta dasar-dasar budaya Dao/Tao (道).

Dari Beliau-beliau , dasar-dasar budaya Dao dan persembahyangan dimulai, selama ribuan tahun penemuan dan pengembangan budaya terus dilakukan dan membawa Tiongkok pada kemajuan kebudayaan yang dikagumi oleh dunia dan dapat bertahan sampai masa sekarang, namun tak dapat dipungkiri, peperangan dan masuknya pengaruh dari luar membawa pengaruh besar pada perkembangannya. Pada setiap masa pergantian dinasti terjadilah perubahan dan pengembangan budaya serta system persembahyangan.
Dan pada masa (604 – 531 BCE) Nabi Laozi (老子) yang sangat pandai dan bijaksana, meminjam kata Dao/Tao (道) untuk memperjelas dan mendefinisikan ajaran-ajaran yang beliau dapatkan untuk bisa diajarkan pada murid-murid dan rakyat pada masa tersebut.
Laozi sendiri juga dikenal sebagai filosof yang sangat terkenal dengan karyanya Dao De Jing (道德经) yang sampai sekarang banyak kata-kata bijaknya yang diambil dan digunakan oleh banyak kalangan dalam pengajaran budaya, kebijakan , motivasi dan lain lainnya. Dao De Jing sendiri sudah diterjemahkan kedalam kurang lebih 58 bahasa di dunia. Dao De Jing berisi 5000 kata dan 81 bab yang sarat berisi nasehat untuk kehidupan manusia dan masih relevan sampai masa kini.

Kemudian murid Laozi, Zhang Dao Ling (张道陵) (34 – 156 CE) mengorganisasikan ajaran-ajaran Tao menjadi agama Tao dan yang pertama kali mendirikan U Dou Mi Dao (五斗米道) di Gunung Long Hu. Zhang Tao Ling menyusun dan mengajarkan filsafat dan ajaran Tao serta tata cara persembahyangan Tao secara organisatoris Zheng Yi Pai (正一派) sebelum aliran-aliran lain muncul.

Banyak tokoh-tokoh Dao yang terkenal dan masing-masing mengembangkan keilmuannya yang menjadi dasar dari ilmu-ilmu pengetahuan yang berkembang sekarang ini. Seperti :

Sunzi (孙子) hidup pada tahun 544 – 497 BCE. Ahli strategi perang

Filosof Chuang Zi (庄子) hidup pada tahun 369 ~ 286 BCE

Tabib Hua Tuo (華佗) hidup pada tahun 145 ~ 208 CE.

Zhu Ge Liang / Gong Ming (诸葛亮) hidup pada tahun 181 ~ 234 CE. Ahli strategi perang, dan perbintangan.

Zhang San Feng (張三豐) hidup pada tahun 960 ~ 1279 CE. Pencipta Taichi Quan (太極拳)

Ke Hong (葛洪) hidup pada tahun 283 ~ 363 CE. Beliau merupakan salah satu tokoh agama Tao yang cukup terkenal di jamannya. Selain karena banyaknya buku-buku pengobatan yang ditulisnya, beliau juga sudah bisa menjelaskan tentang gejala-gejala berbagai macam penyakit, diantaranya Rabies, cacar, TBC, hepatitis dan lain-lain. Walaupun pada saat itu belum diketahui penyebab penyakit yang sebenarnya, namun beliau sudah mengetahui jenis penyakit ini sejak ratusan tahun yang lalu. Beliau juga menerbitkan sebuah buku yang terkenal yaitu “Bao Pu Zi”.

Dao Hong Jing (陶弘景) hidup pada tahun 456 ~ 536 CE. Beliau merupakan tokoh Tao yang sangat ahli di dalam bidang astronomi ilmu pengobatan serta strategi di dalam peperangan. Beliau terutama terkenal karena ia adalah orang pertama yang berhasil dalam menyusun dan memperbaiki secara sistematis dan terperinci data ilmu obat-obatan. Buku-bukunya yang terkenal antara lain “Yang Sing Yuan Ming Luk” dan “Ben Chao Chik Zhu”.

Setelah pengaruh luar masuk Tiongkok, banyak ajaran, bahkan Dewa-Dewi dari Agama Dao/Tao diadopsi oleh ajaran agama lain, sehingga banyak terjadi kerancuan yang membingungkan umat yang pada dasarnya hanya ingin bersembahyang tanpa ingin memperdalam ajaran / agama tersebut.
Untuk mencari kedamaian , mengembangkan keilmuan, dan menghindar dari peperangan serta penindasan dari penguasa pada jaman-jaman tertentu, tokoh-tokoh Tao banyak mendirikan tempat-tempat bersembahyang dan melatih diri di gunung-gunung, sehingga banyak sekali tempat ibadah Tao yang tersebar di gunung-gunung indah di Tiongkok, diantaranya ; Maoshan, Taishan, Qingcheng Shan, Wudang Shan, Huashan dan lain-lainnya…..

sej1 sej2 sej3 sej4 sej5
Ke Hong (葛洪 283-363)

sej6


Spread the love

Categories: Artikel, Taoist Culture Exhibition [TCE], Tempat Bersejarah TAO

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.