SETIA DAN BERBAKTI

Spread the love

忠 孝 友 悌。 正 己 化 人。 矜 孤 恤 寡。 敬 老 怀 幼。
( ZHONG XIAO YOU TI。ZHENG JI HUA REN。 JIN GU XU GUA。 JING LAO HUAI YOU。)

*Setia dan berbakti kepada sanak keluarga dan teman baik kita. Merevisi diri sekaligus membuka hati yang lain. Memperhatikan dan menyantuni orang duafa yang lemah tak berdaya. Menghormati yang tua dan mengayomi yang muda.

Kalimat diatas menasehati kita, bahwa KESETIAAN dan BERBAKTI kepada keluarga dan teman baik kita harus dijunjung tinggi, karena itu dalam AGAMA TAO ada anjuran 忠 孝 之 道 / ZHONG XIAO ZHI DAO ( = Ajaran kesetiaan dan berbakti yang luhur !), sehingga dalam AGAMA TAO ada golongan DEWA / DEWI yang khusus melambangkan KESETIAAN dan BERBAKTI ( 忠 孝 神 仙 / ZHONG XIAO SHEN XIAN ).

AGAMA TAO menganggap kalau seseorang tidak punya “poin amal kebajikan” dalam lingkup BERBAKTI dan KESETIAAN, maka orang ini tidak akan pernah bisa jadi DEWA / DEWI. Bayangkan saja : Seseorang yang selalu menganggap bahwa bulan purnama di negara orang lain selalu lebih bulat dari bulan purnama di negaranya sendiri ; Barang buatan negara lain selalu lebih hebat dari pada buatan bangsa sendiri, sampai-sampai rela mengkhianati bangsa & negaranya sendiri ! ORANG-ORANG YANG DEMIKIAN INI JELAS DIANGGAP ORANG YANG TIDAK BERMARTABAT ! Sehingga tidak mungkin bisa SIU-TAO dengan benar.

AGAMA TAO mengajarkan kita bahwa : 人 类 平 等,万 物 一 体,敬 天 爱 民,互 助 以 诚。/ REN LEI BING DENG, WAN WU YI TI, JING TIAN AI MIN, HU ZHU YI CHENG. = Manusia diciptakan oleh TAO dalam bentuk yang sama derajatnya ( Tak satupun yang berhak mengklam dirinya lebih utama dari yang lainnya !), semua yang ada di alam semesta ini ibaratnya satu kesatuan, karena itu harus selalu menghormati TIAN dan menyayangi sesama, selalu harus bisa bekerja sama dalam ketulusan. Itulah sebabnya kita selalu dianjurkan untuk bisa berusaha membina kehidupan bermasyarakat yang harmonis, damai dan sejahtera berdasarkan kesetaraan dan keadilan yang hakiki.

Dalam AGAMA TAO ada Ajaran 3 ZHEN yaitu : ZHEN XIN (Meluruskan hati nurani) ; ZHEN SHEN ( Meluruskan tingkah laku tubuh kita) ; ZHEN GOU ( Meluruskan pembicaraan kita !!!) Karena itu orang TAO yang paling mulia adalah KELAPANGAN DADANYA, yang didukung dengan KESATUAN ANTARA UCAPAN DAN PERBUATANNYA sehingga TINGKAH LAKUNYA SELALU TULUS DAN MULIA ! Hal inilah yang digunakan untuk mempengaruhi orang-orang disekitarnya.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa : 己 不 正 不 能 正 人 / JI BU ZHEN BU NENG ZHEN REN = ( Kalau dirinya tidak benar, tidak mungkin bisa mengajari orang lain menjadi benar !), ini menunjukkan bahwa untuk bisa menasehati orang lain menjadi benar, maka dirinya sendiri harus lebih benar dahulu.

Itulah sebabnya dalam AGAMA TAO selalu dipentingkan bahwa : PELAJARAN DARI TINGKAH LAKU JAUH LEBIH PENTING DARI PADA OMONG KOSONG SAJA ( 身 教 重于 言 教。/ SHEN JIAO ZHONG YU YAN JIAO.)

Dalam perilaku yang mulia itu, jelas mencakup tindakan bagaimana seharusnya kita berusaha selalu memperhatikan dan menolong dan tulus.


Spread the love

Categories: Artikel

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.