Shennong (神农)

Spread the love


Oleh: Lie Tung Sen.

Nama Shennong (神农) berarti Petani Suci .
Shennong (神农) adalah Penguasa legendaris dan Pahlawan Budaya Bangsa Tiongkok yang hidup lebih dari sekitar 5000 tahun yang lalu. Disebutkan Shennong mengajarkan Bangsa Tiongkok Kuno bercocok tanam dan menggunakan obat-obatan dari tumbuhan. Beberapa penemuan alat pertanian oleh Beliau diantaranya, cangkul, alat pembajak sawah, kapak serta penemuan lainnya seperti menggali sumur, sistem irigasi pertanian, pengawetan biji-bijian menggunakan urin kuda, Pasar Petani, penanggalan kuno, pemahaman terapi dengan mendengarkan denyut nadi, akupuntur, moksa/jiu (灸) & memulai ritual upacara untuk mengucap syukur atas hasil panen.

Shennongjia (神农架) di Hubei, Tiongkok, adalah tempat dimana Shennong pernah tinggal. Aliran Sungainya mengalir sampai ke Sungai Yangtze.
Karya khusus farmakologi yang paling tua dan tersimpan sampai sekarang adalah Kitab Klasik Ramuan Obat Shen Nong pada zaman dinasti-dinasti Qin dan Han ( 221 BCE—220 CE ), yang merupakan hasil upaya banyak ahli kedokteran dalam mengumpulkan dan menyimpulkan data-data farmakologi sejak awal dinasti Qin. 365 jenis obat yang tertera dalam buku itu sampai sekarang masih belum pernah digunakan dalam praktek klinis. Lahirnya karya itu menandakan ditegakkannya untuk tingkat pertama farmakologi tradisional Tiongkok.

Shennong mendaki banyak gunung tinggi untuk mendapatkan berbagai jenis tanaman. Beliau menggiling satu demi satu tumbuhan yang didapatkan sampai mengetahui kandungannya: apakah beracun atau tidak berbahaya; panas atau dingin dan sebagainya. Untuk mengetahui sifat-sifat dari masing-masing rempah Shennong mencicipi dan mencoba satu persatu. Suatu kali dia menemukan tujuh puluh racun berbeda dalam sehari. Shennong juga mampu melihat dampak dari tumbuhan yang berbeda bagi tubuhnya. Dia juga merasakan organ mana yang kena dampak dan mencari penangkalnya segera. Dia mengobati orang dengan tumbuhan yang sesuai dengan jenis dan kegunaannya. Dia menciptakan obat-obatan Tiongkok dan menyembuhkan banyak orang dengan menggunakan tumbuhan-tumbuhan herbal ini. Untuk mengenang Shennong, buku yang paling awal tentang obat-obatan Cina diberi nama ” Akar Tumbuhan Herbal Klasik Petani Surga.”

Negeri Tiongkok merupakan tempat lahirnya teh, disanalah pohon teh (Camellia sinensis) ditemukan dan berasal. Tepatnya di provisnsi Yunnan, bagian barat daya Tiongkok. Iklim wilayah itu tropis dan sub-tropis, dimana daerah tersebut memang secara keseluruhan adalah hutan jaman purba. Daerah demikian, yang hangat dan lembab menjadi tempat yang sangat cocok bagi tanaman teh, bahkan ada teh liar yang berumur 2700 tahun dan selebihnya tanaman teh yang ditanam yang mencapai usia 800 tahun ditemukan ditempat ini. Dan menurut legenda, Shennong adalah penemu teh pertama kali dan pada awalnya teh digunakan sebagai obat-obatan.

Hari Kebesaran Shen Nong Da Di (神农大帝) dirayakan pada tanggal Imlik 28-4

sn1 sn2 sn3 sn4 sn5 sn6


Spread the love

Categories: Artikel, Dewa-Dewi TAO, Taoist Culture Exhibition [TCE], Tempat Bersejarah TAO

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.