Tao Lik = Yin Lik = Im Lek.

Spread the love

Kalau sesuai sejarah Agama TAO, maka Sistim penanggalan Imlek itu diciptakan oleh Guang Chen Zi ( Seorang tokoh Agama Tao). Kemudian di kembangkan oleh Huang Di ( Kaisar Kuning) untuk kepentingan kehidupan rakyatnya, yang pada saat itu masih sangat agraris ( Tergantung bercocok tanam ).

Makanya dalam penanggalan Imlek itu lengkap disebut kan  kapan waktu mulainya musim semi , kapan mulainya musim panas termasuk hari terpanas dimusim panas yang ditandai dengan kode Zhong Yang … dst.

Kenapa Imlek itu adalah penanggalan dari Agama Tao ? …

Sudah jelas karena sejak 5 ribu tahun lalu sudah disebut sebagai Tao Lik = Yin Lik = Im Lek.

Ini dibuktikan dengan adanya hari-hari tertentu yang selalu akurat terjadi tiap tahun dan punya latar belakang legenda keagamaan Tao … misalnya Hari Zhong Yang itu, dimana pada hari itu cuacanya sangat panas dan pengab, menyebabkan banyak orang jatuh sakit … masyarakat yang tahyul bilang kalau saat itu banyak setan bergentayangan cari mangsa! …

Nah orang Tao yang pandai dalam hal Kesehatan segera turun tangan.  Dinasehati masyarakat untuk menghindari setan-setan penyakit sebaiknya rekreasi ke puncak bukit yg rindang sambil bawa rumput Aey … semacam herbal yang harum menyegarkan dan anti nyamuk, juga bagi yang bisa minum arak dianjurkan minum arak yang dicampuri Xiong Huang ( Xiong Huang Ciu).

Semua itu dipakai orang Tao untuk menjaga kesehatan masyarakatnya … supaya tidak jatuh sakit pada hari dengan cuaca extrim panas saat itu. 😇

Istilah Zhong Yang  (重阳) berarti hari dengan matahari double …… Jadi bisa dibayangkan betapa panasnya.

 

Lao Zi sangat dihormati pada zaman nya, makanya KHC pun pernah datang dan belajar kepada Lao Zi.

Belum lagi saat di Han Ku Kuan, penguasa Han Ku Kuan sampai rela jadi murid Lao Zi demi memohon Lao Zi menulis buku untuknya …. yang akhirnya kita ketahui sebagai kitab Dao De Jing !

note

[KHC itu justru menasehati murid-muridnya untuk menjauhi masalah Setan dan juga masalah Dewa Dewi ….. artinya KHC itu justru gak percaya dengan kelenteng ! 

Th 551 SM, KHC baru lahir,  apakah langsung ada pengikutnya ?

Kalau dari sejarah hidupnya KHC ….. Walaupun beliau itu orang mulia, tapi kurang disukai oleh raja-raja di zamannya, makanya beliau selalu merantau bersama murid-muridnya dari satu kerajaan ke kerajaan lainnya.  Kalau begitu mana mungkin ada raja yang mau menobatkan nama beliau untuk sistim penanggalan dikerajaannya?]                


Spread the love

Categories: Artikel

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.