Thay Sui (太岁)

Spread the love

Oleh Lie Ing Sen.
Jadi kalau secara harafiah kata Thay Sui berarti UMUR / MASA yang TER …

TER nya itu … bisa terbaik atau terburuk …

Dalam tahun itu …

Selama ini dalam budaya Tionghoa … Thay Sui ada 2 pengertian

  1. Thay Sui = sejenis Jamur atau Ling Ce yg tua dan unik … berguna untuk dijadikan obat panjang umur.
  2. Thay Sui = Dewa Thay Sui Xing Jun. …. Tokoh yg berperan dalam ritual Po Un.

Sekarang yg harus kita tahu adalah Bagaimana sejarah sampai munculnya Dewa Thay Sui ?
Para astronom di Tiongkok zaman dulu menghitung berdasarkan peredaran Bintang Jupiter ( Mu Xing) , yang mengelilingi Matahari 1 putarannya berarti 12 tahun.

Nah oleh tokoh DAO yang ahli astronomi juga, hal ini digabung dengan teori WU XING (5 unsur) dengan Tian Gan … Di Zi …..    Maka muncullah 60 tahunan sebagai satu Siklus ( 1 Jia Zi).
12  X  5  =  60.

Nah supaya mudah diterima masyarakat … maka yang 12 tahun itu dibagi menurut nama-nama binatang yang berarti SHIO.

Sedangkan masing-masing Shio masih diuraikan jadi 5 unsur … supaya klop dalam perhitungan BA ZI nya. …….

Kemudian baru muncul adanya 60 Dewa Thay Sui yang masing-masing mewakili 1 tahun dalam 60 tahunan Imlek itu.

Jadi kenyataannya … Dewa Thay Sui itu dimasyarakat zaman dulu … terkenal sebagai Dewa yang galak dan serem bahkan dijuluki sebagai 凶神 (Xiōngshén). …..

ini diperjelas dalam istilah-istilah ritual yang berhubungan dengan Dewa Thay Sui …..

Contohnya: upacara sembahyang Thay Sui itu istilahnya 安太岁 (Sembahyang untuk menenangkan Thay Sui ) … bagi orang-orang yang Jiong Thay Sui ….. 😬

Bukan MU XING saja yang mempengaruhi kondisi nasib kehidupan manusia … tapi intinya kelahiran manusia pada waktu dan ruang tertentu diyakini telah membawa kode tertentu yang akan menggambarkan jalan hidupnya dikemudian hari. …. itu hebatnya Teori Dai Chi Ba Gua nya Agama TAO.

Dalam teori Dai Chi Ba Gua … Unsur Mu Xing hanya merupakan sebagian faktor penentu saja.

Jadi sebetulnya yang duluan ada ya perhitungan Rasi Bintang beserta semua.unsur ruang dan waktunya. … muncullah istilah Shio dan Ba Zi itu

Cuma dalam perkembangan sejarah dikemudian hari … untuk lebih mudah menjelaskan kepada masyarakat awam … diciptakanlah 60 Dewa Thay Sui

Terus, mau tahu sejarah ilmiahnya ???

Sebenarnya, Thay Sue itu bukan wujud sesosok Dewa atau apa !    Namun, cuma sebuah istilah dalam Ilmu Astronomi Tiongkok Kuno.   Ahli Astronomi Tiongkok Kuno dulu menyadari bahwa dari 5 bintang yang besar, terutama Muk Xing (Bintang Kayu) mengorbit dalam peredarannya selama 12 tahun, tepatnya 11,88 tahun (hitungan tahun bumi) dalam satu lintasan yang lengkap.  Artinya kalau dihitung dari satu titik dilangit sana, MU XING akan beredar sesuai lintasan orbitnya dan kembali ke titik tersebut dalam kurun waktu 12 tahun bumi.

Ini berarti, saat MU XING bergerak dengan jarak 1/12 edaran orbitnya, maka dibumi sudah berlalu waktu selama 1 tahun dan kembali ke awal tahun di Bumi yang kita tempati ini.   Maka dari itu, orang2 kuno jaman dulu menyebut MU XING sebagai Sue Xing (Bintang Umur, Sue = umur).    MU XING beredar satu putaran berarti 12 tahun dan 12 tahun ini dipakai untuk menentukan standard tahun dan umur yang dijabarkan dalam 12 istilah tahun waktu dan lebih mudahnya dilambangkan dalam bentung Nama Binatang (SHIO).

Para Ahli Astronomi Tiongkok juga mengamati bahwa MU XING ini beredar dari Barat ke Timur, sedangkan Bintang2 lainnya beredar dari Timur ke Barat, hal ini akan menyulitkan mereka dalam menentukan tahun dengan khusus melihat MU XING saja.   Oleh karena itu, mereka lantas secara abstrak menentukan seolah-olah diseberang posisi MU XING diandaikan ada sebuah “Bintang” yang tidak kelihatan.   Yang bergerak berbalik/berlawanan arah dari gerakan MU XING.

Dengan demikian maka akan sesuai dengan arah gerakan bintang2 lainnya, sehingga memudahkan dalam menentuhan waktu dalam astronomi Tiongkok Kuno.   Nah “Bintang” yang tidak kelihatan/nampak itulah dinamakan THAY SUE (Sue – Yin/Bintang Sue yang abstrak).   Kata “THAY SUE” berarti SUE yang paling awal.

Karena itu kita tahu kalau Para Astronomi Tiongkok kuno itu menggunakan arah dan posisi “Bintang Maya” ini sebagai petunjuk untuk menentukan awal sebuah tahun baru.   Sedangkan bagi manusia, setiap penambahan satu tahun berarti penambahan umur juga, makanya “Bintang Maya” diberi nama THAY = yang awal, sedangkan SUE = Umur.   Jadi, THAY SUE adalah Bintang yang paling awal menentukan hitungan umur seseorang !!! He… he… he… Lha…

Lantas kenapa dalam sistem peramalan tertentu menggunakan “sosok” tertentu, itu tak lain yah… seperti pertanyaan kenapa SHIO koq menggunakan nama2 binatang tertentu sebagai lambangnya !!!!    Tak lain yah… cuma sebagai patokan semu saja, untuk sekedar mempermudah suatu perhitungan dalam praktek suatu ritual keagamaan.

Lalu kenapa ada yang dilambangkan dengan sosok Para Jendral ???

Itulah sebabnya, kenapa kita selalu diwanti2 agar jangan sampai terjerumus ke dalam jurang ketahyulan, cuma gara2 ngak bisa membedakan mana yang nyata dan mana yang abstrak.   Tapi juga jangan sampai tidak bisa menangkap sebuah kesempatan spiritual, gara2 terlanjur menganggap sesuatu yang nyata sebagai ilusi belaka !!!

Kalo begitu yang “Chiong Thay Sui” itu bener apa ngak ???

Seperti halnya pengertian kata Thay Sui, maka Ciong Thay Sui adalah istilah dalam “Xiang Ming Xue” yang dipakai untuk menunjukkan bahwa pada tahun itu merupakan tahun yang banyak halangan bagi orang yang mempunyai umur tertentu.   Sehingga oleh orang TAO yang pinter2 itu, diusahakan untuk dicarikan suatu cara solusinya, maka ada ritual khusus “PO UN” !!!    Nah di dalam ritual2 inilah digunakan tanda/gambar khusus untuk memudahkan jalannya ritual supaya lebih sempurna.

Lantas, kalau dikatakan bahwa nama dewa2 Tay Sui yang berjumlah 60 beserta gambar (rupa) hanyalah suatu rekaan belaka, apakah ini tidak akan menimbulkan pertanyaan selanjutnya ?    Misalnya, berarti ini semua hanyalah khayalan belaka ?     Ini semua hanyalah “Kebohongan” gituh ?

Apa yang ditulis oleh Para Ahli Astronomi Tiongkok itu memang benar adanya.   Namun apa yang dilakukan oleh Para Ahli TAO juga tidak salah !!!    Hanya pemahaman kita saja yang sering kebablasan, sehingga malah menyesatkan orang lainnya.   Pengertian Bintang Thay Sui, memang seperti penjelasan diatas !!!    Namun dalam Ajaran Agama TAO, ada sistim perhitungan tahun dan peramalan yang berdasarkan posisi beredarnya bintang Thay Sui itu tadi.

Oleh karenanya, setiap manusia yang lahir pada tahun kelahirannya, mewakili arti dan posisi waktunya tersendiri.   Makanya setiap tahun pasti ada yang “Ciong” dengan tahun yang sedang berlaku.   Itupun berdasarkan perhitungan ramalan khusus !!!    Nah, untuk menetralisir efek “Ciong” tersebut, ada semacam ritual yang biasa kita sebut “Po Un”.    Disini, tentu ada Dewa2 tertentu yang bertugas khusus untuk semua itu, jadi Dewanya yah… tetap Dewa, tapi bintang Thay Sui-nya yah… tetap bintang biasa, jangan dicampur adukkan.

Hanya saja untuk lebih memudahkan, biasanya disingkat saja sebagai “Pai Thay Sui”.    Ini sebetulnya sebuah kesalahan yang salah kaprah !!!   Kalau anda tahu asal riwayat adanya “YI HUANG TA TI”, maka anda akan paham secara otomatis persoalan diatas.   Karena itu, kalau SIUTAO harusnya kita bisa menelusuri, mengapa sampai ada ritual ini dan itu secara benar !!!    Jangan asal telan saja, akibatnya kita akan mudah terjerumus ke dalam jurang ketahyulan !!! (xuezhengdao.com)


Spread the love

Categories: Artikel

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.