Yang Tek / Shan (阳 德 / 善) dan Yin Tek (阴 德)

Spread the love


Diambil dari arsip diskusi di http://siutao.com
Diskusi antara SHAN MAO,  DaoRen dan Schyte, pada Mei 2005.

Pernah seorang Taoyu menanyakan tentang masalah Kung Tek (Amal Jasa)?
Katanya sih Kung Tek (Amal Jasa) itu dibagi  阳 德 / 善 (Yang Tek / Shan) dan 阴 德 (Yin Tek),  sedangkan manusia diharapkan banyak-banyaklah berbuat Yin Tek.    Nah sekarang apa perbedaan antara kedua istilah itu, padahal keduanya termasuk KUNG TEK juga lho ???

 

Yang Tek adalah perbuatan Kung Tek yang kita lakukan akan tetapi secara sengaja ataupun tidak disengaja terlihat oleh orang lain.

Yin Tek adalah perbuatan Kung Tek yang kita lakukan dengan tidak diketahui oleh orang lain (secara diam-diam).

Sebagai contoh saja :
Sering kita melihat sebuah keluarga yang baik-baik, kita tahu bahwa mereka telah banyak berbuat amal kebajikan, tapi kenapa koq malah mendapat musibah !!!   Misalnya anaknya jadi gila mendadaklah.   Atau seorang yang telah banyak berbuat amal (diketahui orang banyak), koq malah nggak punya keturunan dan sebagainya  itu.   Lho emangnya Yang Tek/Shan itu bukan amal kali ya ?

Menjawab fenomena tersebut, bisa jadi sebenarnya keluarga itu hanya terlihat baik dari sisi luarnya saja.   Dengan kata lain orang yang berbuat Yang Tek belum tentu dia benar-benar ingin berbuat amal kebajikan.   Bisa saja dia hanya sekedar mengejar MING dan LI.   Akan tetapi bila dia berbuat Yin Tek (berbuat amal kebajikan tanpa di ketahui orang lain), otomatis dia telah berbuat kebajikan karena memang secara tulus ingin berbuat suatu kebajikan, dia sama sekali tidak mengharapkan keuntungan atau imbalan apapun dari perbuatannya itu.

Yah…, memang begitulah manusia.   Karena semua yang bisa dilihat oleh mata manusia biasanya bisa mengelabuhi manusia itu sendiri.   Makanya ada oknum-oknum tertentu yang dengan sengaja berbuat baik hanya sekedar untuk menutupi perbuatan jahatnya.   Sehingga kalau kita tidak SIUTAO dengan benar, maka kita akan mudah terkecoh oleh penampilan seseorang.

Namun sebaliknya lagi, jika niat kita memang benar-benar tulus untuk berbuat amal kebajikan, kita tidak perlu takut untuk berbuat YANG TEK/SHAN (amal kebajikan yang terlihat oleh orang lain).   Itu bukan pamer, tapi memang sebuah Kung Tek yang sesungguhnya.   Apalagi jika perbuatan kita itu bisa dipergunakan untuk mempengaruhi dan menyadarkan orang lain untuk berbuat hal yang sama baiknya.

Dengan demikian, hal yang terpenting pada saat berbuat amal kebajikan adalah Hati Nurani yang tulus dari orang tersebut.   Semua itu tidak bisa dilakukan hanya dengan berpura2 saja.   Itulah CEN WO masing-masing individu !!!


Spread the love

Categories: Artikel

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.