Zhuangzi

Spread the love


Zhuangzi (369 SM ~ 286 SM),

Zhuang Zi (庄子/Zhuāngzǐ ) adalah tokoh agama TAO setelah Lao Zi pada zaman negara perperangan .

Zhuang Zi bernama Zhuang Zhou (庄周), adalah orang negara Song pada abad ke-4 sebelum masehi. Ia sangat cerdas dan adil. Raja negara Chu pernah mengundang ia sebagai perdana menterinya dengan gaji dan hadiah yang sangat kaya, tapi permintaan itu ditolak Zhuang Zi. Sejak itu Zhuang Zu mulai menyusun buku.

Karya Zhuangzi yang disusunnya terdapat 33 jilid, terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama ditulis oleh Zhuang Zi, terdapat Xiao Yao You dan Da Zong Shi dan lain sebagainya. sedangkan bagian kedua dan ketiga adalah karya siswa dan sarjana golongan Zhuang Zi.

Zhuang Zi berpendapat, agama TAO benar-benar berada dalam kenyataan, agama TAO menjunjung alam dan berbuat tanpa pamrih. Karena itulah dalam bidang politik, beliau berpendirian tidak mengharapkan pamrih apapun, dalam bentuk penghidupan umat manusia beliau berpendirian hidup dengan sederhana. Ia mengkritik dengan serius kebijakan, hukum, kekuasaan dalam sosial. Dalam bentuk penghidupan umat manusia, ia berpendapat tingkat tertinggi dalam kehidupan umat manusia adalah bebas tak terkekang. Kebebasan terdapat di bidang semangat, bukan kehormatan material.

Buku Zhuang Zi memberi pengaruh besar dalam masa Dinasti Wei dan Jin pada abad ke-3 sampai abad ke-5. Zhuang Zi, Zhou Yi dan Laozi sama-sama disebut sebagai tiga kitab atau San Xuan. Buku Zhuang Zi secara resmi menjadi kitab klasik agama TAO pada Dinasti Tang (618 ~ 907).

Dalam buku itu pendirian politik dan pikiran filsafat Zhuang Zi ditandakan dengan cerita rakyat yang sederhana.

 


Spread the love

Categories: TAOIST

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.